Kebiasaan ini Bisa Bikin Anda Cepat Tua!

Tua bukan tentang umur saja ya! Bisa jadi umur Anda masih puluhan tahun, tapi kondisi tubuh Anda sudah seperti ratusan tahun! Kenapa bisa seperti itu?

Berikut ini akan sedikit dibahas tentang 8 kebiasaan yang bisa bikin Anda cepat tua, menurut penjelasan beberapa ahli.

Kebiasaan ini Bisa Bikin Anda Cepat Tua!

Semua orang, pasti menginginkan hidup yang sehat dan awet muda! Kabar gembira untuk Anda yang memang mendambakanya! Anda bisa memperlambat proses penuaan langsung dari piring.

Karena menurut beberapa penelitian, makanan yang Anda konsumsi sebenarnya dapat membantu dan bisa juga menggangu kesehatan Anda sampai usia tua. Nah! Maka dari itu, Yuk simak penjelasan dari beberapa ahli diet solah kebiasaan makan yang bisa bikin Anda cepat tua!

Kurang makan buah dan sayuran

Dari Harvard Health Publishing, menyatakan bahwa kurangnya makan buah dan sayuran akan meningkatkan resiko kekurangan nutris, diabetes dan penyakit jantung. Bahkan bisa menimbulkan jenis kanker tertentu.

Buah dan Sayur Image by dbreen on Pixabay



Phyllis Famularo Ahli diet dari The State University of New Jersey, menyarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah Anda setiap harinya.

Di kutip dari Livestrong, beliau menyampaikan bahwa, manfaat dari buah dan sayuran tidak terbatas! Karena dari buah dan sayur kita bisa mendapatkan serat yang menyehatkan jantung sampai vitamin dan mineral anti inflamasi juga antioksidan.

Terlalu banyak konsumsi makanan asin

Famularo juga menyampaikan bahwa terlalu banyak natrium bisa mengakibatkan hipertensi dan bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Dan menurut data, ada sekitar 70-75 persen orang dewasa yang memiliki resiko tekanan darah tinggi, untuk itu, solusi dari Famularo adalah dengan mengurangi konsumsi makanan olahan, makanan kemasan dan juga menghindari makanan restoran yang sebagian mengandung natrium.

Famularo juga menambahkan, bahwa kalau makan dengan makanan yang tinggi natrium ada baiknya dipasangkan dengan makanan yang tinggi kalium, seperti pisang, ubi jalar dana tau bayam. Sehingga dapat menetralkan bahaya dari natrium.

Terlalu banyak gula tambahan

Kesehatan jantung adalah yang utama, jika Anda tidak menjaganya. Maka sekali serangan Anda akan langsung di panggil menghadap Yang Kuasa.

Jadi hindari makanan yang manis, karena akan berdampak serius pada kesehatan jantung Anda. Apalagi jika rasa manisnya berasal dari gula tambahan.

Havard Healt Publishing, berpendapat bahwa mengkonsumsi gula tambahan terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah jadi lebi tinggi, terjadinya peradangan kronis dan penambahan berat badan.

Mengkomsumsi gula tambahan juga, dapat mengkibatkan diabetes dan penyakit hati berlemak. Yang mengerikanya lagi, semua gelaja tersebut bisa mengakibatkan penyakit jantung dan stroke!

Untuk menghindarinya, Anda perlu membaca label makanan dengan cermat dan pilih makanan yang tidak menggunakan tambahan gula.

Menghindari semua lemak

Anda mungkin disarankan untuk membatasi bahkan menghindari lemas jenuh, yang dianggap dapat meningkatkan kolestroln jahat dan bisa membawa resiko penyakit jantung yang dimana itu memang saran yang sangat cerdar untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Namun, mungkin Anda perlu menjaga diri anda dari semua lemak dalam makanan. Jika anda ingin hidup sehat sampai tua nanti. Menjaga diri bukan tidak boleh mengkonsumsi yah!

Karena lemah tidak hanya dapat menjaga tubuh kita tetap hangat, tapi juga bermanfaat untuk memberi tenaga tubuh Anda. Lemak juga dapat mendukung pertumbuhan sel dan melindungi organ tubuh Anda. Selain itu Lemak juga membantu untuk menyerap nutrisi tertentu, menurut American Heart Association (AHA).

Fulmaro menambahkan, bahwa lemak juga dapat melindungi persendian Anda dan ada juga lemak Omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Untuk itu, Anda di sarankan untuk menggabungkan lebih banyak makanan yang mengandung omega-3, seperti salmon, kenari, biji rami, sarden, dan minyak canola. 

Nah, Kebiasaan buruk yang mengundang tubuh Anda untuk lebih tua dari usia Anda segera di tinggalkan yah! Semoga artikel ini bermanfaat!