Inilah 5 Fakta Unik Tentang Piyama yang mungkin Belum Kamu Ketahui

Siapa yang tidak menyadari berkenaan piyama. Bisa dibilang, nyaris seluruh orang memiliki piyama di lemari mereka. Ini gara-gara tidur bersama memakai piyama dinilai mulai lebih nyaman. Namun, apakah kamu menyadari bahwa ternyata piyama memiliki lebih dari satu fakta yang belum diketahui oleh banyak orang. Agar kamu tidak makin penasaran, selanjutnya adalah 5 fakta piyama yang harus kamu ketahui.


Gambar oleh TastyCinnamonn dari Pixabay


1. Sejarah Piyama

Tidak tersedia catatan yang menyadari awal mula piyama tersedia di dunia fashion. Namun, lebih dari satu catatan menyatakan bahwa orang-orang di India telah kenakan pakaian spesifik untuk tidur pada zaman kekaisaran Ottoman. Bahkan, nama piyama sendiri berasa dai bahasa Hindi, yaitu "pae" yang bermakna kaki dan "jama" bermakna pakaian.


Ketika orang Eropa mampir ke India, mereka mengadopsi dan mempunyai ulang jenis piyama ke Eropa. Sejak waktu itu, piyama mulai dikenal oleh masyarakat Eropa. Namun, piyama tetap belum begitu populer sampai pada abad ke-20.


2. Fungsi piyama mulai berubah di kalangan masyarakat

Pada awalnya, piyama hanya digunakan oleh orang-orang kaya yang tersedia di Eropa. Di mana, pemanfaatan piyama akan menunjukkan status sosial mereka. Namun makin lama, orang-orang miskin pun mulai memakai piyama. Hal ini dikarenakan, pada waktu itu orang-orang miskin tidak mampu untuk belanja alat pemanas ruangan. Sehingga, mereka memakai piyama supaya senantiasa mulai hangat. 


3. Perancang pakaian Coco Channel mengakibatkan piyama makin populuer

Kamu tentu telah tidak asing ulang bersama salah satu perancang pakaian paling populer di dunia, yaitu Coco Chanel. Pada th. 1920 ia memperkenalkan jenis piyama yang lebih santai. Sejak waktu itu, kehadiran piyama untuk digunakan sebagai pakaian tidur makin di terima oleh banyak orang. Bahkan, pada waktu itu kenakan piyama ke pantai adalah sebuah perihal yang sangat trendy.


4. Piyama yang menutupi kaki awalannya untuk orang dewasa bukan untuk anak-anak

Kamu tentu telah sering melihat piyama anak-anak yang memiliki jenis panjang sampai menutupi seluruh kaki, bukan? Pada awalnya, piyama ini dirancang untuk orang dewasa, lho. Hal ini dikarenakan, tetap banyak orang dewasa yang memakai kaos kaki di bawah celana piyama mereka. Sehingga, dibuatlah piyama yang mampu menutupi seluruh kaki. Selain mengakibatkan kaki senantiasa mulai hangat, piyama ini juga memiliki tujuan untuk  merawat kaki berasal dari serangga, layaknya nyamuk atau semut. 


5. Piyama untuk anak-anak memiliki standar harus tahan api

Kamu menyadari tidak, bahwa piyama untuk anak-anak memiliki standarnya sendiri? Pada th. 1971 Consumer Product Safety Commission (CPSC) atau Komisi Keamanan Produk Konsumen mengambil keputusan standar untuk piyama anak. Di mana, piyama untuk anak-anak harus tahan api.


Meskipun terkesan sepele, ternyata piyama mempunyai lebih dari satu fakta yang jarang orang ketahui. Kalau kamu, lebih suka tidur bersama memakai piyama atau tidak memakai piyama?